Translate

Thursday, December 27, 2012

"Queen Seon Deok" Hasil Jiplakan?

Siapa sih yang tidak mengenal serial Korea kolosan, apalagi untuk yang satu ini author yakin kalian mengenalnya karena serial kolosan yang satu ini sudah pernah diputar di negara luar Korea Selatan termasuk Indonesia dan serial kolosan ini juga meraih rating yang sangat tinggi. Dan serial kolosan yang author maksud adalah drama kolosan "The Great Queen Seon Deok"

Dan ternyata serial kolosan yang sudah sangat populer di Korea itu merupakan hasil plagiat. Aksi plagiarisme tersebut sudah dinyatakan bersalah oleh pihak pengadilan. Pihak produksi serial ini dinyatakan bersalah karena menggunakan banyak detil yang sama dari naskah sebuah drama musikal "Queen of Rose of Sharon, Seon Duk".

Tahun 2010 silam produser pementasan musikal “Queen of Rose of Sharon, Seon Deok” melayangkan gugatan pada MBC, stasiun TV penayang serial The Great Queen Seon Deok, atas tuduhan plagiarisme.

"Kami menemukan bukti bahwa penggugat memang pencipta asli dari musik, buku dan kisah 'Queen Seon Deok'. Naskahnya memang tidak persis sama tapi banyak sekali kesamaan yang kami temukan secara keseluruhan ceritanya, detil-detil karakternya, bahkan di sejumlah adegannya," bunyi pengumuman pengadilan.

Karena kasus tersebut, maka pihak produksi serial kolosan yang dirilis 3 tahun lalu ini harus membayar denda sebesar USD 186 ribu atau sekitar Rp 1,8 miliar kepada penggugat. Selain itu, pembuatan DVD, buku, serta penayangan ulang drama kolosan ini juga dilarang untuk selamanya.

Semasa tayangnya di Korea, "The Great Queen Seon Deok" memang merupakan sebuah serial kolosan yang sukses.

Situs Soompi pada Rabu (26/12) menulis, share serial ini pernah menyentuh 43,6% dan masuk daftar 10 serial Korea paling banyak ditonton. Serial ini disebut telah mengumpulkan pendapatan USD 50 juta atau sekitar Rp 485 miliar.








Source edit : http://www.wowkeren.com, http://www.tabloidbintang.com

No comments:

Post a Comment

Psychedelic Pointer 7Psychedelic Pointer 7Psychedelic Pointer 7Cute Onion Club - Onion Head